Membeli Baju Anak Grosiran dan Menjualnya Secara Online

Anda mungkin tipe orang yang sangat senang dan hobby membelikan baju baru untuk anak-anak. Setiap ke mall atau pusat perbelanjaan, Anda selalu membelikan baju untuk anak Anda. Dengan design, model dan warna yang lucu-lucu, memang terkadang membuat seorang ibu susah menahan keingingan membelikan baju baru untuk anaknya, walaupun sebenarnya membelikan baju baru tidaklah terlalu penting. Alhasil Anda hanya membuang – buang uang saja demi mengikuti keinginan.

Hobby membelikan baju anak tidak lah buruk. Apalagi jika Anda bisa menghasilkan uang tambahan dengan hobby Anda ini. Pernahkan terfikir oleh Anda untuk membeli baju anak grosiran dan menjualnya kembali? Emmm, mungkin Anda pernah memikirkannya! Jika iya, cobalah untuk mewujudkannya.

Membeli baju anak grosiran dan menjualnya kembali secara online, memang sendang menjadi tren saat ini. Mengapa secara online? Denggan cara online Anda bisa bekerja dari rumah tanpa meninggalkan anak-anak Anda. Secara online, Anda tidak membutuhkan modal yang besar seperti menyewa toko di mall atau di pasar. Dan dengan cara online, Anda dapat melakukan kegiatan jual beli dengan mudah dan praktis.

Apa yang harus saya lakukan untuk memulai bisnis rumahan ini?

  1. Mencari Pabrik Baju Anak

    Karena Anda tidak memproduksi baju sendiri, maka mencari pabrik baju anak adalah tugas pertama Anda. Anda bisa melakukan pencarian Anda melalui internet atau mendapatkan informasi dari teman, saudara, bahkan tetangga Anda sendiri.

    Bandung merupakan pusat industri tekstil dan garment di Indonesia. Oleh karena itu, pasti banyak pabrik baju anak yang berada di Bandung. Jika Anda mempunyai waktu dan kesempatan untuk pergi ke Bandung, tidak ada salahnya Anda langsung datang ke pabrik baju anak dan melakukan negosiasi tentang kerjasama ini.

    Dengan membeli langsung dari pabrik, Anda akan mendapatkan harga pabrik- yang artinya harga barang jauh lebih murah dibandingkan Anda membeli baju di toko grosiran.

  2. Memasarkan secara online

    Setelah Anda mendapatkan pabrik baju anak yang sesuai dengan harapan Anda, langkah selanjutnya adalah membekali diri Anda dengan pengetahuan marketing online. Marketing online ada berbagai macam cara. Anda bisa menggunakan blog, website sendiri, social media, forum atau bahkan dengan cara berbayar sekalipun (beriklan di Facebook dan Google).

    Berikut beberapa ide untuk online marketing:

    a. Website

    Anda membutuhkan sebuah website untuk memasarkan baju dagangan Anda. Jika Anda tidak familiar dengan hal ini, Anda bisa meminta bantuan seorang design programmer untuk membantu Anda membuatkan website.

    b. Manfaatkan website jual beli

    Ada beberapa website jual beli yang sudah mendapatkan reputasi baik. Contohnya eBay, Multiply, Tokobagus, dan Forum Jual Beli Kaskus. Beberapa contoh website ini sudah mempunyai trafik yang sangat baik.

    Trafik artinya seberapa banyak pengguna internet yang mengunjungi website tersebut. teorinya semakin banyak pengunjung, maka semakin banyak pula kesempatan Anda mendapatkan potential buyer jika Anda menggunakan website tersebut sebagai media marketing online Anda.

    Untuk menjadi member di website tersebut tidaklah terlalu mahal. Anda hanya perlu mengeluarkan uang sekitar Rp. 50.000 – 350.000,-. Setelah Anda sudah resmi menjadi member, maka Anda sudah siap untuk berjualan.

    c. Social Media

    Social media merupakan alternatif lain untuk memasarkan barang dagangan Anda. Anda bisa menggunakan Facebook dan Twitter. Mengapa Facebook dan Twitter?

    • Facebook merupakan jejaring social yang menduduki tangga No.1 dunia dengan  total pengguna aktif lebih dari 600 juta. Sedangkan di Indonesia total penggunanya sekitar +- 41.8 juta users.

    • Twitter merupakan jejaring social terpopuler ke dua setelah Facebook di Indonesia dengan +- 19,5 juta pengguna.

    Melihat data tersebut, sudah tentu Facebook dan Twitter merupakan ladang mencari uang yang terbaik saat ini di Indonesia. Buatlah fan page Facebook dan akun Twitter atas nama bisnis Anda untuk memulai kegiatan Anda berjualan online.

SELAMAT MENCOBA!

3 responses to “Membeli Baju Anak Grosiran dan Menjualnya Secara Online

  1. ari damayanti

    dear penulis,
    saya saat ini sedang “mempertahankan” bisnis rumahan saya, yaitu menjual baju secara online. tahun ini meruapakan tahun ke 3, tetapi saya merasa belum ada perkembangan, baik dari segi pelanggan, maupun laba.

    pada tahun kedua, saking putus asanya, saya mencoba belanja langsung kepada supplier dari maindalnd, melalui salah satu situs ternama, namun tetap saja saya kecewa, krn produk yang saya terima tidak seperti yang saya pikirkan (kualitasnya).

    taun ini, saya berusaha semangat dan bangkit, dan mulai memutar haluan untuk menjual barang2 made in Indonesia, tapi saya kesulitan menemukan pabriknya.

    Dear penulis, bisa ga saya minta informasi pabrik mana saja yang yang memproduksi baju-baju anak dengan kualitas baik, bahkan terbaik.

    saya akan sangat berterimakasih kepada Anda.

    regard
    ari.damayanti.82@gmail.com

  2. Kenalkn,saya asli jogja,skrng tinggal di kal-bar.pingin bangun usaha pemasaran pakaian .klu ada yg berkenan bisa dirembuk .smntara saya masih kumpul2 modal,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s