Tips Menjual Baju Bayi Melalui Facebook

Dunia mode tidak hanya untuk orang dewasa dan remaja saja. Bayi pun sudah tidak mau ketinggalan dari dunia fashion yang pergerakannya sangat cepat ini. Sekarang, banyak ibu-ibu muda yang ingin melihat bayi mereka  fashionable dengan mengenakan baju yang lucu. Dan bahkan tidak sedikit ibu – ibu muda memakai baju yang sama dengan bayi mereka ketika menghadiri acara-acara tertentu atau bahkan hanya untuk jalan-jalan di mall.

Melihat keadaan ini, maka peluang untuk berbisnis pakaian bayi pun semakin menggiurkan. Tidak masalah jika Anda tidak mempunyai pengalaman sedikit pun dibidang ini. Semua itu bisa dipelajari. Seperti yang akan saya bahas dalam artikel ini, bagaimana cara menjual baju bayi melalui Facebook.

Mengapa Facebook? Facebook merupakan situs jejaring social No.1 di dunia. Bahkan Indonesia menjadi Negara dengan pengguna Facebook terbanyak yaitu +- 41.8 juta setelah United State (+- 157.4 juta). Ditambah lagi, habit orang Indonesia yang suka bersosialisasi dan berinteraksi dengan sesamanya, membuat Facebook menjadi media terbaik untuk memasarkan baju bayi dagangan Anda.

Sebelum memulai kegiatan Anda – menjual bayu bayi di Facebook, Anda harus mencari supplier / pabrik baju bayi yang dapat menyediakan produk sesuai dengan harapan Anda. Di Indonesia ada beberapa pabrik baju bayi yang bisa Anda pilih, contohnya di Banduang. Kita tahu bahwa Bandung merupakan pusat garment dan tekstil Indonesia, jadi luangkanlah waktu Anda untuk mencari informasi tentang pabrik baju bayi terbaik di Bandung.

Setelah mendapatkan supplier / pabrik baju bayi yang sesuai dengan harapan Anda, barulah Anda menyusun strategi untuk memasarkannya melalui Facebook. Berikut tips yang bisa Anda contoh:

  1. Buat Fan Page Facebook

    Jika Anda pengguna aktif Facebook, maka hal ini akan memudahkan Anda. Buatlah akun baru atau gunakan akun lama Anda untuk membuat fan page bisnis Anda. Dengan ratusan juta pengguna Facebook, tentu hal ini menjadi kesempatan besar untuk mendapatkan uang sebanyak mungkin dari jualan Anda.

    Invite semua teman Anda untuk “like” fan page bisnis Anda. Anda juga dapat menggunakan Facebook Ad untuk mendapatkan fans yang lebih banyak. Setelah komunitas Anda mulai terbentuk, seringlah memberikan update tentang produk yang Anda jual dan buatlah promo-promo menarik.

    Bagi Anda yang sudah mempunyai website, saya sarankan untuk membuat fan page di Facebook dan mulailah untuk mengeksplorasi bagaimana cara untuk melakukan bisnis di Facebook. Sudah banyak penjual online yang meraup untung dengan menggunakan Facebook sebagai media, jadi jangan sampai ketinggalan!

  2. Buat Grup

    Untuk menambah exposure dagangan Anda, buatlah group di Facebook – close group atau open group terserah Anda. Tapi saya sarankan untuk open group saja, karena semakin banyak member akan semakin baik. Anda bisa memperkenalkan barang dagangan Anda di group ini.

    Mungkin yang menjadi member  group beberapa diantaranya adalah penjual online sama seaperti Anda yang ikut memperkenalkan produk mereka. Anda tidak perlu merasa tersaingi! Jika produk Anda lebih berkualitas  dan cara Anda berinteraksi dengan konsumen sangat baik, saya rasa pembeli tidak akan lari dari Anda.

  3. Facebook Marketplace

    Mungkin banyak pengguna Facebook yang tidak mengetahui Facebook Marketplace (https://apps.facebook.com/marketplace). Facebook Marketplace merupakan aplikasi yang dibuat oleh Oodle. Pada dasarnya, sistem kerjanya sama dengan eBay, Multiply, dan Tokobagus. Di Facebook Marketplace Anda bisa menjual bayu bayi dagangan Anda.

  4. Facebook Ad

    Sudah tidak diragukan lagi Facebook Ad dapat membantu Anda meraup keuntungan yang lebih besar. Banyak perusahaan-perusahaan yang mempromosikan brand mereka menggunakan Facebook Ad. Memang, Anda harus mengeluarkan biaya extra untuk applikasi ini, tapi jika Anda tahu bagaimana menekan CPC (cost per click) maka Anda akan mendapat untung yang lebih besar dengan banyak pembeli yang datang.

    Berapa kali Anda berfikir untuk memulai bisnis Anda sendiri? Sekali, dua kali atau bahkan ribuan kali! Terkadang kehidupan ini memaksa kita untuk memulai bisnis sendiri, dan  semua orang yang melakukan bisnis bukan berarti mereka tidak mendapatkan pekerjaan di luar sana tapi mereka sudah menjalani kehidupan mereka yang keras dan sudah sampai pada tingkatan yang lebih tinggi untuk menuju tangga kesuksesan. Keinginan saja tidaklah cukup untuk menjalani sebuah bisnis apapun itu bisnisnya, tapi Anda harus mempunyai keahlian, pengetahuan dan tentu saja tekat yang kuat untuk menjalaninya semua.

One response to “Tips Menjual Baju Bayi Melalui Facebook

  1. betul thanks atas informasinya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s